Kopi Mangrove Arjuna Tersertifikasi Halal dari Kementerian Agama dan SPP-IRT dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia

Semarang – KeMANGI. Senang sekali, Kopi Mangrove Arjuna (KMA) yang merupakan salah satu produk andalan dari KeMANGI, berupa minuman-serbuk campuran kopi Robusta dan buah mangrove Rhizophora, akhirnya sudah mendapatkan Sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama Republik Indonesia. KMA yang merupakan produk olahan dari kelompok Arjuna Berdikari, warga binaan KeSEMaT dan PT Indonesia Power Semarang ini, sudah dikembangkan sejak 2021.

Kopi Mangrove Arjuna.

“KeSEMaT bersama PT Indonesia Power Semarang meresmikan kelompok Arjuna Berdikari dan mulai mengembangkan kopi mangrove sejak tahun 2021,” jelas Anggoro D. B. Saputro (Staf Manajer Operasional. “Saat ini, KMA sudah lumayan dikenal oleh masyarakat, yang dibuktikan dengan laris manis kopi ini, terjual di website dan marketplace KeMANGI,” lanjutnya.

Menurut hasil penelitian dan kajian yang sudah dilakukan oleh KeSEMaT, yang bekerja sama dengan Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (UNTAG) Semarang, menyebutkan bahwa KMA memiliki manfaat sebagai penambah stamina tubuh.

“Beberapa warga pesisir Mangkang Wetan, Semarang sudah merasakan khasiat KMA,” kata Bambang Jati Laksono (Staf Manajer Humas). “Para nelayan di sana menyebut KMA sebagai Kopi Malam Jum’at karena menambah stamina pada saat melaut,” tambahnya.

KMA resmi mendapatkan Sertifikasi Halal dengan Nomor Sertifikat: ID33110001132241022 pada tahun 2023. Sebelumnya, pada tahun 2022, KMA juga sudah mendapatkan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) dengan Nomor Pendaftaran: P-IRT 3083374010258-27 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

“Saat ini, produksi dan pemasaran KMA terus kami tingkatkan, mengingat sudah mendapatkan Sertifikasi Halal dan SPP-IRT,” kata Anggoro. “Kami berharap, distribusi dan pemasaran KMA dapat lebih meluas sehingga khasiat dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (ADM/ADBS/AP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *